Pengaturan Ukuran Bidang Kerja (Artboard Setting) Adobe Illustrator

Wednesday, November 19, 2014 0 komentar

Pengaturan ukuran bidang kerja (Artboard Setting)

Artboard dapat diartikan sebagai kanvas atau bidang kerja untuk membuat gambar pada adobe illustrator. Penentuan setting artboard sama halnya dengan menentukan ukuran cetak pada bisang gambar. Ukuran artboard dapat ditentukan pada awal membuat dokumen baru dengan memilih menu file-new atau menggunakan sortcut ctrl+N . atau bisa juga pada saat mengatur ulang melalui File-Documen Setup.

Berikut adalah beberapa hal yang dapat dilakukan utnuk mengatur setting artboard dalam kotak New Document maupun Document Setup:
§  Menentukan nama dokumen. Yaitu dengan memilih pada kotak dialog New Document dan mengetikkan nama sesuai keinginan.
§      Menentukan ukuran dimensi dokumen. Yaitu dengan memilih kotak dialog New Document maupun Document setup dan mengeklik tombol drop-down pada sisi kanankotak size, untuk memilih ukuran yang tersedia. Didalamnya tersedia pilihan custom untuk menentukan ukuran sesuai keinginan. Dan masih banyak yang lain lagi.
Tombol drop-down dikanan kotak Units untuk memilih satuan ukuran yang tersedia. Umtuk lebih mudah, pilih satuan yang umum dijumpai seperti Millimeters dan Centimeters.
Artboard
§  Memilih orientasi bidang gambar atau bentuk posisi bidang gambar. Dapat dilakukan pada kotak dialog new document maupun document setup dan memilih salah satu diantara dua pilihan Orientation, yaitu Portrait (tegak dan Landscape (mendatar).

§  Memilih mode warna untuk dokumen. Dapat dilakukan pada kotak dialog New Document. Terdapat dua pilihan Color mode, yaitu CMYK dan RGB Color.

0 komentar:

Post a Comment

 

©Copyright 2011 Purba Galeri | TNB